Pengaruh Media Masa & Media Sosial





Zaman semakin maju dan canggih sangat mempengaruhi kondisi sosial masyarakat terkini, yang paling berpengaruh adalah media sosial dan media masa di kehidupan keseharian kita. 

Pasalnya setiap orang tidak bisa lepas dari yang namanya hape canggih atau istilah bekennya gadget yang bentuk dan modelnya sudah sangat terlalu banyak, dari yang slim hingga tebal ada yang layar kecil dan lebar tinggal mau pilih yang mana. 

Hape terkeren yang ada saat ini memiliki fitur-fitur yang sangat luar biasa, seakan-akan semua bisa di lakukan dengan gadget, mata kita dari melek sampai merem lagi paling banyak melihat layar gadget hidup pasti ada sekitar 5 jam bagi pengguna normal, belum yang pengguna kecanduan pasti lebih dari itu.

Yang jadi masalah adalah rasa candu ini, rasa candu yang bisa mempengaruhi jati diri kita sebagai manusia. Keterlaluan memakan gadget saya kira akan merugikan diri kita dalam bentuk apapun, terutama masalah waktu. Waktu akan untuk bekerja, beristirahat dan belajar akan sangat berkurang dari waktu efektif yang di butuhkan. 

Saya tidak menyalahkan siapapun toh ini kan kemajuan zaman jadi yang tidak ingin ketinggalan zaman pasti akan mengikutinya, bukan hanya rasa ketinggalan zaman tapi pengaruh teman dan lingkungan adalah dorongan terkuat untuk ingin mempunyai sebuah gadget. 

Bukan hanya gadget tapi segala kecanggihan teknologi yang ada, bila teman atau tetangga kita sudah punya teknologi baru entah itu apapun pasti rasa ingin memiliki akan sangat besar, ini adalah sifat mutlak manusia bawaan lahir.

Kembali lagi ke pokok utama yaitu pengaruh media sosial dan media masa, efek buruk dan baiknya sudah banyak kita jumpai dan kita lihat sendiri, utamanya media sosial manfaat pentingnya itu bisa mendekatkan kita yang berjauhan, bisa berkomunikasi dengan siapapun dan dimanapun, bisa kita jadikan lahan bisnis dengan semakin banyaknya pertemanan kita di dunia maya semakin besar pula peluang kita meraup keuntungan dalam segi bisnis. Media sosial adalah cara tercepat kita untuk melakukan promosi barang barang yang di jual. 

Transaksinyapun juga sangat mudah. Tidak ubahnya juga dengan media masa seperti koran, majalah, televisi radio dan lain sebagainya, kita akan tau informasi informasi penting dari daerah atau negara lain sedang terjadi apa, walau kita tidak melihat langsung kita juga bisa mendengar kabar apa yang sedang terjadi. 

Di sini media masa berperan penting dalam masyarakat, berita yang disajikan itu lho yang mempengaruhi, media yang memberitakan dan mengecap buruk terhadap apa yang terjadi maka dunia akan mengecapnya buruk dan jika memberitakan kebaikan maka seluruh dunia akan menjadi baik.

Media sosial berbeda lagi pengaruhnya terutama adalah yang menggunakan Aplikasi chat di mulai dari bbm, fb, twitter, instagram dan banyak lagi jenisnya. Dari berbagai macam chat yang di gunakan kesibukan kita akan bertambah padat sekali, soalnya mau enggak mau kita akan bersosialisasi lewat aplikasi tersebut karena kebanyakan teman dekat kita juga menggunakannya dan ini akan membuat kecanduan. 

Selain teman yang membuat kita kecanduan yaitu kenalan baru, berikut aplikasi tersebut di sertai dengan gambar foto pemilik akunnya pasti akan lebih asyik lagi. Dengan teman baru yang entah itu asalnya darimana gak tau jadi tau dan lama kelamaan akan semakin dekat seperti saudara, tapi bahayanya kalau yang kenalan itu berlainan jenis ini akan menuju kedalam keburukan, loh kog bisa?? Kan udah banyak beritanya berawal dari facebook kaya lagunya gigi hehehe, semua akan di mulai cerita dan berita terbaru, semua serta  online dan semu.

Dari media sosial tindakan kejahatan seperti pemerkosaan akibat kebanyakan nonton bokep online, perampokan karena tidak punya iang untuk membeli barang barang bagus yang pernah di lihat di media sosial atau ingin terlihat hits seperti teman temannya, memaksakan diri untuk selalu tampil mewah di medsos, ini seperti upload foto dengan pasangan yang belum di nikahinya, berdandan mewah dan masih banyak lagi pengaruhnya untuk kehidupan kita yang tidak bisa saya jelaskan, baik itu pengaruh baik atau buruk tinggal kita saja yang menanganinya. 

Kita manfaaat sebaik baiknya teknologi ini supaya hidup kita nggak sia sia, hidup tanpa teknologi di zaman seperti ini sungguh miris dan susah susah gampang.
Yaa mau gimana lagi namanya juga zaman modern pasti semua serba canggih, dan juga pengaruhnya bago kelangsungan hidup ini akan semakin besar, entah manusia akan semakin rusak dengan adanya teknologi atau malah sebaliknya, ya kita berdoa saja geng semoga dengan kecanggihan kecanggihan teknologi modern bisa menjadikan kita manusia yang lebih bermartabat lagi amiiiin
                     Semoga.

1 Response to "Pengaruh Media Masa & Media Sosial"

AYO SOB TINGGALKAN KOMENTAR YANG BIJAKSANA DAN BERBOBOT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel